Blogger news

Kamis, 10 Januari 2013

Sekilas Tentang Eksponen


SEKILAS TENTANG EKSPONEN
        Sewaktu belajar sains maupun matematika seringkali kita harus menuliskan perkalian suatu bilangan dengan dirinya sendiri secara beruntun. Misalnya, 2x2x2x2x2x2, atau 5x5x5x5x5x5xx5x5x5x5. Menuliskan perkalian beruntun seperti ini tentu saja sangat tidak menguntungkan. Selain memakan banyak tempat, kemungkinan besar kita bisa keliru dalam menuliskannya ( bisa kelebihan atau kekuanga bilangan ).
        Cara terbaik untuk menuliskan perkalian berulang semacam ini ialah dengan menggunakan eksponen. Dengan menggunakan lambang ini, perkalian beruntun 2 sebanyak enam kali (2x2x2x2x2x2) cukup kita tuliskan 26. Sedangkan perkalian beruntun 5 sebanyak sepuluh kali (5x5x5x5x5x5xx5x5x5x5) cukup kita tuliskan 510.
        Dengan demikian, perkalian beruntun sembarang bilangan real a sebanyak n kali cukup kita tulis an. Jadi, lambang an itu memiliki makna :
                      an = a x a x a x . . . x a ( sebanyak n faktor )
        a adlah sembarang bilangan real dan
        n adalah sembarang bilangan asli
Lambang an dibaca a pngkat n atau a eksponen n. Bilangan a dinamakan basis atau pokok dan n dinamakan pangkat atua eksponen. Suatu bilangan yang  dituliskan dalam bentuk an dikatakan tertulis dalam  bentuk eksponen.

0 komentar:

Posting Komentar